Sekedar Info :

Kan lo udah terlanjur masuk blog gue, lo tamu! yang harus lo lakuin :

1. Baca semua artikel gue, menarik semua ko :(

2. Jangan lupa kasih komentar yah buat kemajuan inselv :(

3. Jangan lupa follow twitter dan instagram gue, tepat paling bawah XD

4. dan gue ucapkan makasih banyak udah mau mampir :*

Popular Post

Posted by : Unknown Rabu, 27 Mei 2015

Apa kabar inselver? Baik? Good, mood lo lagi oke dan fresh, cocok buat baca trick ini. Sakit? Good juga sih, kalo lo baca trick ini, gue bisa jamin penyakit lo bakalan sembuh, tapi dengan syarat lo harus berobat, jaga pola makan dan tidak melakukan aktivitas yang berat hihi
Lo mau bikin lagu romantis? Bisaaaa, Lagu sedih? Bisaaaa, Lagu apa aja lo pasti bisa bikin kalo udah baca trick ini.

Baiklah, gue mau kasih trick tentang bagaimana cara membuat lagu praktis dan efisien. Caranya sangat-sangatlah mudah, bahkan bagi lo yang baru bisa kunci dasar juga bisa lakonin trick ini, tapi gampang-gampang susah sih, cuma ga susah susah amatlah. :D

Berikut trick yang boleh lo coba :

  1. Menentukan chord, ambil nada, lalu kasih lirik.

    Nah diurutan pertama ini trick yang sering dilakukan oleh grup gue yang bergabung di sanggar seni kobong. Kita nenggunakan teknik ini, karena memudahkan dalam proses pembuatan lagu. Lo gonjreng-gonjreng dulu chordnya ngasal juga boleh banget mau chord A B C, B C A, F G B, A G F C, Em Am atau apalah, memang kita juga asal dulu, mau chordnya cuma 1, 2, 3, 4, atau banyak juga terserah lo dah. trus lo ambil nada deh di setiap chordya, nah semisal satu baris lo kasih 2 chord, tinggal pas-pasin aja nadanya pake nananana dulu jangan masukin lirik, nah setelah pas baru lo kasih lirik buat chord itu. Terus aja dari awal sampe akhir gitu.
  2. Menulis lirik, ambil nada, lalu menentukan chord.

    Nah ini juga pernah gue coba dirumah dendiri, ternya trick ini juga cukup mudah. Kan gue juga hobby nulis puisi nih ya (bisa lo chek karya puisi gue di puisiamateur.blogspot.com) nah gue biasanya ambil lirik dari puisi gue, nah gue coba deh bikin nadanya dari lirik puisi itu, nananananana~ nanana~ nananana~ nah misalkan udah enak nih yah gue langsung cari chord yang pas buat nada yang gur bikin tadi, selesai jadi dah.
Cuma itu doang sih trick praktis membuat lagu yang pernah gue coba dan berhasil.

Oh iya hindari hal-hal berikut saat membuat lagu :

  1. Jangan lo merasa nada yang lo buat mirip dengan lagu yang lain.

    Hindari ini hindariiiii!!! Karena apa? Lagu di dunia ini ga cuma satu, buanyaaak banget, yah kalo mirip-mirip dikit wajar aja kan? Asalkan jangan total meniru!
  2. Jangan membuat lagu sambil mendengarkan musik/lagu orang lain.

    Nah kalo lo lagi bikin lagu, jangan sampai lo sambil dengerin lagu yang udah ada, ini bisa membuat nada yang kita buat jadi mirip dengan lagu yang lo dengerin.
  3. Jangan bikin lagu di keramaian.

    Semisal lo bikin lagu di tengah pasar, di terminal, di mall dll ingat jangaan! :( karena membuat pikiran kita mumet dan tidak terbuka inspirasi sepenuhnya, carilah tempat yang tenang, enjoy, di kuburan misalnya :( dengan tempat yang tenang otomatis pikiran dan inspirasi lo terbuka.
Nah mungkin segitu aja dari gue, semoga trick ini bermanfaat, selamat mencoba yah gaes :(
Kalo lo udah coba dan berhasil membuat sebuah lagu, gue penasaran pengen denger dong, kirim ke e-mail gue yah, atau kalo lo udah upload soundcloud gue minta linknya :(

Leave a Reply

Berkomentar harus sesuai dengan tema guys, jangan ngalor ngidul :(

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

© INSELV - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Teteng